Syarat Tak Lengkap, 100 Orang Mengambil Surat Izin Keluar Masuk Jakarta Ditolak

Syarat Tak Lengkap, 100 Orang Mengambil Surat Izin Keluar Masuk Jakarta Ditolak
Berita

Syarat Tak Lengkap, 100 Orang Mengambil Surat Izin Keluar Masuk Jakarta Ditolak

Merdeka. com – Penulis Dinas Penanam Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) DKI Jakarta Iwan Kurniawan mengungkapkan, hingga zaman ini sudah ada 482 karakter yang mengajukan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) melalui website corona. jakarta . go. id.

Pembuatan SIKM ialah pelaksanaan dari Peraturan Gubernur Bagian 47 Tahun 2020 Tentang Pemisahan Berpergian Keluar dan atau Menyelap Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19.

“Saat ini dengan menunggu validasi penjamin 53 orang. Lalu yang ditolak 100 (SIKM), ” kata Iwan saat dihubungi Liputan6. com, Senin (18/5).

Selanjutnya kata dia, dengan baru mengajukan sebanyak 313 karakter dan yang sudah menerima SIKM ada 16 orang. Lanjut tempat, untuk penolakan itu terjadi akibat beberapa hal, salah satunya yaitu surat pernyataan belum ditandatangani. Sedangkan untuk durasi validasi paling segera yaitu 2 menit dengan sama 8 jam dan paling periode 17 jam.

“Ada juga alamat email pemohon secara email penjamin sama, ” ucapnya.

Sebelumnya, berdasarkan Bab 6, disebutkan untuk mendapatkan SIKM dengan mengisi formulir permohonan secara daring melalui corona. jakarta. go. id dengan melengkapi sejumlah persyaratan sebagai berikut:

a. surat pengantar dari Ketua RT yang diketahui Ketua RW tempat tinggalnya

b. tulisan pernyataan sehat bermeterai

c. surat keterangan:

1. perjalanan dinas keluar Jabodetabek

2. surat fakta bekerja bagi setiap orang dengan tempat kerjanya berada di sungguh Jabodetabek

3. untuk pelaku usaha dilengkapi dengan surat keterangan memiliki usaha diluar Jabodetabek yang diketahui oleh pejabat yang berwenang

d. untuk orang asing memiliki KTP-el/izin tinggal tetap

Sementara tersebut untuk syarat pengajuan masuk DKI Jakarta juga melalui situs dengan sama corona. jakarta. go. id. Beberapa persyaratan harus dipenuhi untuk mendapatkan SIKM berdasarkan Pasal tujuh yakni:

1. Mempunyai KTP-el DKI Jakarta atau Surat Keluarga DKI Jakarta tetapi berdomisili di luar Jabodetabek; ataupun

2. Orang asing dengan memiliki KTP-el/izin tinggal tetap

3. Surat pernyataan segar bermeterai.

Kemudian buat warga KTP non Jakarta selalu dapat memiliki SIKM, dengan persyaratan sebagai berikut:

1. Memiliki surat keterangan dari kelurahan atau desa tempat asal penjelajahan yang menerangkan maksud dan bahan datang ke Jakarta

2. Surat pernyataan sehat bermeterai

3. Memiliki surat jaminan bermeterai dari keluarga yang berada di Jakarta yang diketahui oleh ketua RT setempat ataupun surat jaminan bermeterai dari kongsi yang berada di Jakarta

4. Bagi pemohon yang melakukan perjalanan dinas agar mengikutkan surat keterangan dari tempat kegiatan yang berada di Jakarta

5. Bagi pemohon yang karena alasan darurat melakukan kegiatan ke Jakarta melampirkan surat petunjuk domisili tempat tinggal dari kelurahan di Jakarta.

Selanjutnya bila persyaratan sudah terpenuhi, DPM dan Pelayanan Terpadu Satu Kesempatan dapat menerbitkan SIKM secara elektronik dalam bentuk QR-code.

Untuk penerbitan SIKM diproses mulia hari kerja sejak permohonan dinyatakan secara lengkap dan hanya benar untuk satu pemohon saja. Sedangkan untuk anak yang belum memiliki KTP dapat mengikuti SIKM orang tua atau salah satu bagian keluarga.

Reporter: Ika Defianti [gil]

Back To Top