Respon Wagub DKI Soal Antrean Pasien Tumpah ke Teras Rumah Sakit

respon-wagub-dki-soal-antrean-pasien-tumpah-ke-selasar-rumah-sakit-1
Berita

Respon Wagub DKI Soal Antrean Pasien Tumpah ke Teras Rumah Sakit

Merdeka. com – Pemangku Gubernur DKI Jakarta , Ahmad Riza Patria menduga antrean anak obat Covid-19 di rumah kecil rujukan lantaran ketidaktahuan umum dalam prosedural antrean. Banyak warga langsung datang ke rumah dan mengakibatkan tumpah ruah pasien hingga teras rumah sakit.

“Dia sakit langsung dibawa tanpa mengecek dulu apakah di rumah sakit itu penuh atau tidak, berperan di bawa aja pasiennya, sampai rumah sakit ternyata penuh nah baru mereka mengecek mencari tempat yang kosong, ” katanya dalam Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (23/6) malam.

Politikus Gerindra tersebut tidak menampik kondisi penularan Covid-19 saat ini membuahkan ledakan jumlah antrean anak obat di rumah sakit punca. Alasannya, ketersediaan fasilitas kesehatan tubuh tidak mampu menampung lonjakan pasien dalam kurun periode singkat.

“Memang ada beberapa rumah kecil yang memang pasiennya datang ke selasar, itu berproses karena ada yang menyelundup ada yang keluar, ” jelasnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Pemprov DKI telah menambah rumah sakit rujukan Covid-19 per 17 Juni 2021. Semula, tersedia 106 rumah sakit menjelma 140 rumah sakit.

“Per 17 Juni meningkat jadi 140 panti sakit, ” ucap Anies di Balai Kota, Selasa (22/6).

Dibanding jumlah total rumah lara rujukan, sebanyak 32 sendi sakit milik Pemprov DKI Jakarta. Dari 32 panti sakit, hanya 13 rumah sakit secara khusus cuma melayani pasien Covid-19. Sementara sisanya, turut melayani penderita Covid-19 dan non Covid.

Meski begitu, Anies membatasi rumah sakit Pemprov DKI yang melayani pasien non Covid tak melebihi dari 50 persen kapasitas tempat tidur.

“Dari 32 tersebut ada 13 rumah melempem yang 100 persen cuma untuk penanganan Covid-19. Lainnya menampung pasien Covid sampai melebihi 60 persen kapasitas rumah sakitnya, ” katanya.

Sementara itu, dengan penambahan rumah lara, secara otomatis juga berserang kapasitas tempat tidur dengan disediakan. Anies merinci, tempat tidur saat ini yang disediakan sebanyak 8. 524 tempat tidur, dan 1. 186 tempat tidur buat ruang ICU. [fik]

Back To Top