Polisi Tangkap Pemalsu Surat Bahan Hasil Swab Antigen pada Tangerang

polisi-tangkap-pemalsu-surat-keterangan-hasil-swab-antigen-di-tangerang-1
Berita

Polisi Tangkap Pemalsu Surat Bahan Hasil Swab Antigen pada Tangerang

Merdeka. com – Polresta Tangerang mengamankan pria terkait sangkaan kasus pemalsuan surat tanda hasil swab antigen Covid-19 di Kabupaten Tangerang. Karakter berinisial GTL alias G (23).

Kapolresta Tangerang Kombes Wahyu Sri Bintoro mengatakan, penangkapan terhadap GTL itu setelah adanya laporan dari masyarakat dalam 14 Agustus 2021 berarakan.

“Berdasarkan petunjuk dari masyarakat yang bernomor LP/311/A/VIII/RES. 1. 9/2021/Resta Tangerang, tanggal 14 Agustus 2021. Polresta Tangerang Polda Banten berhasil mengamankan satu orang tersangka yang berinisial GTL alias G yang merupakan warga Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang, ” kata Wahyu kepada wartawan, Selasa (24/8).

“Tersangka GTL alias G tersebut merupakan pelaku pemalsuan surat data hasil swab antigen covid-19, ” sambungnya.

Wahyu menjelaskan, cara GTL melakukan perbuatannya itu secara men-scan surat keterangan hasil swab antigen yang sah, selanjutnya dimasukkan ke pada folder dan diedit menggunakan aplikasi Photoshop dan selanjutnya dicetak.

“Adapun biaya dalam pembuatan tulisan keterangan hasil swab Covid-19 tersebut sebesar Rp25. 000/lembar, ” jelasnya.

Dalam penangkapan itu, pihaknya juga menyita 1 unit CPU merek Alcatros, 1 unit monitor merek LG, 1 unit keyboard merek M-Tech, 1 unit printer merek Epson, 1 bagian mesin scan merek Canoscan, 1 buah kartu vaksin asli atas nama Sri Kusmiyati, 1 lembar tulisan keterangan hasil swab antigen Covid-19 atas nama Sri Kusmiyati, 1 lembar tulisan hasil swab antigen atas nama Siti Rahayu & uang tunai sebesar Rp100. 000.

“Atas perbuatan tersangka GTL nama lain G ini, pelaku sudah melanggar pasal 363 KUHP dan atau 268 KUHP dengan ancaman hukuman menyesatkan berat selama 6 tarikh penjara, ” sebutnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Banten AKBP Shinto Silitonga mengimbau, pada seluruh masyarakat agar tanpa memanfaatkan situasi pandemi Covid-19 ini dalam mencari keuntungan pribadi.

“Buat seluruh masyarakat yang ada di wilayah hukum Polda Banten, saya mengimbau buat tidak melakukan hal-hal yang melanggar hukum seperti mewujudkan surat keterangan hasil swab antigen palsu, ” perkataan Shinto.

“Silahkan masyarakat membuat surat data hasil swab ini pada tempat-tempat yang sudah diperuntukkan, ” tutupnya. [bal]

Back To Top