Peristiwa Terpidana Narkoba Kabur dari Lapas Tangerang, Polisi Usut Keterlibatan Sipir

Berita

Peristiwa Terpidana Narkoba Kabur dari Lapas Tangerang, Polisi Usut Keterlibatan Sipir

Merdeka. com awut-awutan Polres Metro Tangerang Kota, menyelidiki dugaan kontribusi petugas Lembaga Pemasyarakat (Lapas) bagian I Tangerang, atas kaburnya terpidana mati kasus narkoba Cai Chang Pan (53), dari lapas tersebut, melalui gorong-gorong.

“Kami sedang melakukan penyelidikan di privat Lapas, apakah ada kesengajaan sebab pihak dalam atau tidak, ” ungkap Kapolres Metro Tangerang Kombes Sugeng Hariyanto, Senin (21/9).

Sugeng menegaskan, pihaknya sudah memeriksa dan memintai keterangan daripada 5 orang saksi terkait kaburnya terpidana mati tersebut. 4 di antaranya adalah sipir Lapas dan seorang narapidana.

Selain penelitian terhadap para saksi untuk mendapat keterangan jelas. Petugas juga tengah mengikuti mundur peristiwa yang terjadi dalam 6 bulan terakhir, sebelum terpidana berhasil melarikan diri.

“Informasi yang di dapat kesibukan terkait napi yang kabur tersebut sudah berjalan 6 bulan, ” kata dia.

Sejak keterangan sementara, penjaga memperoleh informasi kalau dalam kurun waktu 6 datang 8 bulan terakhir, terdapat kesibukan pembangunan dapur di dalam Lapas, sehingga patut diduga Cai Chang Pan, mempunyai alat untuk menyelami lubang sepanjang 30 meter daripada kamar selnya.

“Ini akan dikroscek apakah alat-alat itu yang diperoleh dari para pakar yang mengerjakan dapur tersebut. Saya juga masih meminta data siapa saja yang bekerja membuat bagian tersebut, ” jelas dia.

Cai Chang Pan, sebelumnya di vonis mati oleh Mahkamah Negeri Tangerang, pada 19 Juli 2017. Penyelundup narkoba asal China ini terbukti bersalah menyelundupkan 110 kilogram sabu-sabu. [gil]

Back To Top