Pemprov Sulsel Tegur Forkopimda Toraja Utara Disuntik Vaksin Ketiga

pemprov-sulsel-tegur-forkopimda-toraja-utara-disuntik-vaksin-ketiga-1
Berita

Pemprov Sulsel Tegur Forkopimda Toraja Utara Disuntik Vaksin Ketiga

Langgas. com – Bupati, Kapolres serta Forkopimda Toraja Utara menjadi sorotan setelah mendapatkan suntikan vaksin ketiga atau booster Covid-19. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) meniti Dinas Kesehatan (Dinkes) benar menyayangkan, karena vaksin ke-3 diprioritaskan bagi tenaga kesehatan tubuh.

Pelaksana perintah (Plt) Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman enggan menanggapi terkait polemik forkopimda dalam Toraja Utara yang disuntik vaksin dosis ketiga. Ia menegaskan vaksinasi harus dikebut.

“Percepat vaksinasi Covid-19, ” ujarnya kecil usai melepas ekspor komoditas pertanian di Terminal Peti Kemas Pelabuhan Makassar , Sabtu (14/8).

Kepala Jawatan Kesehatan Sulsel, dr Ichsan Mustari menegaskan vaksin booster diprioritaskan untuk nakes. Ia juga membantah pernyataan Tumenggung Toraja Utara, Yohannis Bassang dan Kapolres Toraja Memajukan, Ajun Komisaris Besar Polisi Yudha Wirajati Kusuma sebab mendapat arahan dari Pemangku tugas (Plt) Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

“Tidak ada titah seperti itu (vaksinasi tahap III untuk forkopimda). Arahan Pak Plt Gubernur Sulsel itu percepat vaksinasi pada masyarakat, ” ujarnya.

Sementara Kepala Bagian Pencegahan dan penularan Dinkes Sulsel, Muhammadong menegaskan vaksin dosis ketiga dikhususkan untuk nakes. Hal tersebut, sebab nakes dianggap sebagai penjaga terdepan penanganan Covid-19.

“Vaksin dosis ke-3 itu diperuntukkan untuk nakes. Jadi itu tidak dibenarkan dan mereka telah ditegur, ” kata dia.

Sebelumnya, pimpinan forkopimda di Kabupaten Toraja Mengadukan mendapatkan suntikan vaksin Corona dosis ketiga. Bahkan Kapolres Toraja Utara, AKBP Yudha Wirajati Kusuma membenarkan telah mendapatkan vaksin dosis ke-3.

Yudha mengaku bukan hanya dirinya yang mendapatkan vaksin dosis ketiga, tetapi juga Bupati dan Wakil Bupati Toraja Mengetengahkan. Ia mengaku pihaknya diundang oleh Bupati Toraja Mengadukan, Yohannis Bassang untuk memperoleh vaksin dosis ketiga.

“Atas undangan tumenggung untuk mendapatkan saat tersebut. Nakes juga dapat vaksin dosis ketiga, ” ujarnya.

Ia mengaku berdasarkan penyampaian Bupati Toraja Utara, vaksin dosis ketiga diberikan kepada forkopimda setelah ada arahan dari Plt Gubernur Sulsel. Ia memandang forkopimda juga bagian dari Satgas Covid-19 dan penjaga terdepan.

Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong mengaku dirinya bersama bupati dan forkopimda mendapatkan vaksin dosis ketiga. Ia mengaku pemberian vaksin dosis ketiga tersebut karena ada kelebihan jumlah.

“Kami menerima 73 vial vaksin Moderna ataupun ada 1. 022 ukuran. Kami terima itu vaksin Moderna dan Sinovac, ” ujarnya.

Dia merinci dari 1. 022 dosis tersebut, untuk menutup kebutuhan 700-an nakes. Viktor mengaku sudah berdialog secara Forkopimda Sulsel bahwa mereka juga memiliki risiko pas tinggi sama seperti nakes.

“Daripada rahasia, lebih baik kita sampaikan bahwa forkopimda ini selalu memiliki risiko tinggi laksana nakes. Apalagi jumlah vaksin juga lebih dari cukup, ” ucapnya. [cob]

Back To Top