Melestarikan Budaya Kediri Lewat Rencana Galuh dan Panji

melestarikan-budaya-kediri-lewat-cerita-galuh-dan-panji-1
Berita

Melestarikan Budaya Kediri Lewat Rencana Galuh dan Panji

Merdeka. com – Kerja sama Pemerintah Tanah air Kediri dalam hal ini Kelurahan Ngronggo dengan Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta terjalin apik. Hal itu terjalin dari penerimaan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata dalam Kelurahan Ngronggo selama 20 hari.

Bertepatan di hari terakhir pelaksanaan KKN, gelaran pertunjukan adat secara virtual dengan mengangkat cerita Panji dan Galuh dilaksanakan pada Jum’at (27/8) kemarin malam.

Kepala Kelurahan Ngronggo, Heru Sugiarto menjelaskan bahwa pertunjukan seni budaya tersebut diselenggarakan sebagai acara perpisahan sekaligus menampilkan hasil karya. Pertunjukan tersebut melibatkan mahasiswa Institut Seni Indonesia Surakarta dan Karang Taruna Kelurahan Ngronggo.

“Pagelaran itu diselenggarakan sebagai persembahan karya dan acara perpisahan dibanding mahasiswa dari Institut Kecil Indonesia Surakarta yang selama 20 hari melaksanakan KKN di sini. Pertunjukan ini hasil dari kolaborasi lantaran adik-adik mahasiswa ini dengan Karang Taruna dari Kelurahan Ngronggo, ” kata Heru.

Lebih sendat, Heru berharap jika pertunjukan seni budaya yang diselenggarakan ini bisa mengenalkan Praja Kediri dalam hal tersebut pariwisata sekaligus melestarikan kebiasaan agar tidak dilupakan.

“Harapan saya secara diselenggarakan pagelaran ini mampu memperkenalkan pariwisata di Praja Kediri sekaligus melestarikan budaya. Kita juga menggunakan potensi dari para pemuda menggunakan Karang Taruna agar mereka lebih peduli kepada adat yang ada di Tanah air Kediri, ” ujar dia.

Sementara tersebut, Danang Arikukuh Dewabrata jadi ketua dari KKN Inggita Wimala sangat mengapresiasi sokongan dari Pemkot Kediri di dalam hal ini Kelurahan Ngronggo. Selama melaksanakan KKN di Kelurahan Ngronggo, ia betul terkesan dengan warga yang sangat aktif dalam mengekalkan kesenian dan kebudayaan di Kota Kediri.

“Ini menjadi pengalaman dengan sangat berharga bagi beta. Saya sangat terkesan dengan warga di Kelurahan Ngronggo ini. Para warganya begitu aktif kegiatan-kegiatan Kelurahan pertama dalam bidang kesenian & kebudayaan. Para Karang Tarunanya kompak, dari pihak Kelurahan yang juga sangat damai, ” ungkap Danang Arikukuh Dewabrata, Jumat, (27/8).

Diakhir obrolannya, ia berpesan agar Pemkot Kediri untuk selalu mendukung keindahan dan kebudayaan yang ada di Kota Kediri seperti menggelar pagelaran kesenian. Agar tidak hilang ditelan pertambahan zaman.

“Semoga kedepannya Pemkot Kediri selalu ikut mendukung dalam kejadian pelestarian kebudayaan yang tersedia di Kota Kediri. Laksana melakukan pagelaran tari, drama, atau pagelaran kesenian lainnya, ” pungkasnya.

Untuk diketahui, pagelaran kecil tersebut, ditayangkan live per Zoom dan kanal Youtube Kelurahan Ngronggo dengan judul “Katresnan Jati Kediri Bumi Panji”.

Situasi ini dilakukan mengingat pemberlakuan PPKM level 4 dengan masih dilaksanakan di Tanah air Kediri. PPKM Level 4 mengharuskan masyarakat tidak diperbolehkan membuat acara yang berpotensi menimbulkan kerumunan. [gil]

Back To Top