Mampu Tebus Pupuk Subsidi, Kartu Tani Dibagikan ke Petani di Cipaku Ciamis

bisa-tebus-pupuk-subsidi-kartu-tani-dibagikan-ke-petani-di-cipaku-ciamis-1
Berita

Mampu Tebus Pupuk Subsidi, Kartu Tani Dibagikan ke Petani di Cipaku Ciamis

Merdeka. com – Para petani di Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mulai bisa menebus pupuk bersubsidi dengan Kartu Tani. Pasalnya, sebanyak 175 Kartu Tani telah didistribusikan. Pembagian Kartu Tani dilangsungkan di GOR Desa Gereba. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo berharap petani lekas mengetahui cara memanfaatkan Kartu Tani.

“Dengan Kartu Tani, petani dengan ingin mendapatkan pupuk bersubsidi akan dipermudah. Karena itu cukup menggesek kartu ke mesin EDC untuk bisa menebus pupuk subsidi, bersandarkan data yang tertera. Jalan ini bisa meminimalisir kecurangan, ” katanya, Sabtu (1/5/2021).

Dirjen Infrastruktur dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian, Sarwo Edhy, mengutarakan hal serupa. “Dengan Kartu Tani, kita optimis distribusi pupuk bersubsidi hendak lebih tepat sasaran. Surat Tani susah diselewengkan, karena data penerimanya manfaat selalu lebih valid, ” terangnya.

Sarwo Edhy menambahkan, Kartu Tani memiliki banyak manfaat. “Pada tahap awal, Kartu Tani memang hanya untuk menebus pupuk subsidi. Tapi, pemegang Kartu Tani juga terdata jadi penerima bantuan lain, khususnya untuk petani, ” katanya.

Kepala Daerah Gereba, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Icih Hendarsih, meniti Kasi Pelayanan Desa Gereba, Usman Ali mengatakan, 175 warga penerima Kartu Tani terdiri dari 92 orang asal Desa Gereba, 62 orang dari Desa Ciakar, dan 21 orang masyarakat Desa Cieurih.

Ia menjelaskan, dengan mempunyai Kartu Tani, nantinya kelompok akan lebih gampang serta murah mendapatkan pupuk bersubsidi. Selain itu, kartu itu juga dapat digunakan untuk menabung, serta transaksi yang lain.

“Kartu Tani ini merupakan kartu volume yang multi fungsi. Maka selain untuk mengambil gemuk bersubsidi, bisa untuk fasilitas lain. Bahkan bisa buat mengajukan kredit usaha, ” terangnya. [hhw]

Back To Top