Kerja Keras Tak Kenal Lelah Tim Pengantar Jenazah Jember di Tengah Pandemi Covid-19

Kerja Keras Tak Kenal Lelah Tim Pengantar Jenazah Jember di Tengah Pandemi Covid-19
Berita

Kerja Keras Tak Kenal Lelah Tim Pengantar Jenazah Jember di Tengah Pandemi Covid-19

Merdeka. com – Tak pernah ada kata lelah atas sebuah tugas yang diberikan. Prinsip inilah dengan dipegang tim khusus pengantar jenazah dari PMI Jember, Jawa Timur ketika mendapatkan telepon untuk mengantarkan jenazah ke pemakaman. Terlebih di tengah pandemi Covid-19, protokol kesehatan tubuh juga harus mereka pegang teguh untuk mencegah penularan.

Kemarin, tim harus bekerja basi keras mengantarkan enam jenazah sejak sejumlah rumah sakit menuju tempat pemakaman umum (TPU) di bervariasi daerah. Mungkin jumlahnya terdengar sedikit, tetapi jarak yang mereka ganti menjadi tantangan tersendiri apalagi media pelindung diri (APD) harus langsung dipakai.

Perintah mengantarkan jenazah pertama kali didapat di Sabtu (25/7) petang. Tim dengan dipimpin oleh Ghufron Evian Efendi memenuhi permintaan pengantaran jenazah lantaran RSD Balung untuk dimakamkan ke TPU Tegalsari, Kecamatan Ambulu dengan ada di kawasan Jember bagian selatan.

Berikutnya, di Minggu dini hari kira-kira 03. 00 WIB, mereka kembali memiliki instruksi mengantarkan jenazah dari RSD Balung ke TPU Desa Menampu, Kecamatan Gumukmas yang ada di Jember kawasan Barat. 10 Tanda kemudian, petugas ambulans PMI Jember menjemput jenazah ketiga, dari RSU Kaliwates untuk dimakamkan ke TPU Slawu Patrang yang berada di pusat kota.

Dua jam kemudian yakni pukul 15. 30 WIB, petugas ambulans PMI Jember kembali menjemput jenazah keempat dari RS Jember Klinik ke TPU Pakusari yang juga berada di sisi utara pusat praja Jember.

Kemudian dalam Minggu malam pukul 20. 00 WIB, petugas kembali mengantarkan jenazah kelima dari RS Jember Klinik untuk dimakamkan ke TPU Semboro di ujung barat daya Jember. Terakhir, perintah pengantaran dan pemakaman jenazah pada pukul 23. 00 WIB. Jenazah balita dari RSD Balung dijemput untuk dimakamkan dalam TPU Ambulu yang ada di ujung selatan Jember.

“Dalam sehari ini, Minggu 26 Juli 2020, tim pengantar jenazah PMI Kabupaten Jember memang kerja keras mulai pagi sampai suangi, ” cerita Ghufron Evian Efendi, Koordinator tim Ambulans Jenazah PMI Kabupaten Jember, saat dikonfirmasi pada Senin (27/07) dini hari.

Kondisi ini membuat anggota Tim Pengantar jenazah yang seluruhnya berjumlah 12 orang, harus bekerja basi dari biasanya. Selain jarak, awak pengantaran dan pemakaman jenazah kudu tetap menjaga kesehatan mereka.

“Tim pengantar jenazah PMI menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap dalam proses pengantaran jenazah. Sebab, berdasarkan SOP, selama pandemi Covid- 19 pengantaran jenazah harus menggunakan APD lengkap sejak rumah sakit menuju ke pemakaman, ” papar pria yang selalu Koordinator Humas PMI kabupaten Jember.

Kerja keras selama seharian ini diapresiasi oleh Kepala PMI Kabupaten Jember, H EA Zaenal Marzuki. “Kami ucapkan penuh terima kasih kepada tim mukadimah jenazah PMI Kabupaten Jember dengan tak kenal rasa lelah, tak kenal rasa takut untuk mengiringi jenazah selama pandemik Covid-19, ” kata Zaenal.

Kebanyakan jenazah yang diantar oleh awak pengantar jenazah PMI Jember terkait Covid-19. “Ada yang statusnya karakter tanpa gejala alias OTG, ada yang dengan status Orang Dalam Pantuan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) bahkan yang sudah pasti Covid-19, ” tutur Zaenal.

Meski demikian, ada selalu jenazah yang sebenarnya statusnya tidak terkait Covid-19. “Tetapi karena pandemi Covid-19 belum berakhir sehingga jalan pemakaman harus juga dengan adat kesehatan Covid-19. Itu sudah SOP yang harus dijalankan, ” papar dia.

Zaenal meminta tim pengantar jenazah PMI Kabupaten Jember selalu bersemangat melayani umum. “Kalian ini pahlawan kemanusiaan nyata, seperti para petugas kesehatan dengan menjadi garda terdepan menghadapi pandemi Covid-19, ” kata Zaenal.

Selama pandemi Covid-19, bala pengantar jenazah PMI Kabupaten Jember memang bersiaga 24 jam. Itu siaga melayani permintaan pengantaran jenazah dari rumah sakit-rumah sakit dalam Kabupaten Jember.

[lia]

Back To Top