Kemenkumham Sulut Temukan Sejumlah Bahan Terlarang Saat Razia Lapas

kemenkumham-sulut-temukan-sejumlah-barang-terlarang-saat-razia-lapas-1
Berita

Kemenkumham Sulut Temukan Sejumlah Bahan Terlarang Saat Razia Lapas

Merdeka. com – Tim Satuan Operasional Kepatuhan Internal (Satops Patnal) Divisi Pemasyarakatan Kantor Provinsi Kementerian Hukum dan PEDOMAN (Kemenkumham) Sulawesi Utara menjumpai sejumlah barang terlarang era melakukan razia pada Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di daerah setempat.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Sulut Jelas Haryanto mengatakan saat melangsungkan razia di Lapas Bitung dan Lapas Amurang Kabupaten Minahasa Selatan, ditemukan sebanyak barang terlarang.

“Ketika melakukan penggeladahan kawasan hunian, ditemukan antara lain beberapa handphone, sendok logam, silet cukur dan korek api, ” katanya di Manado, Senin (23/8).

Dia mengatakan razia tersebut sebagai upaya dibanding Kemenkumham untuk mengantisipasi provokasi keamanan serta peredaran gelap narkoba.

“Untuk itu bagi yang melanggar akan diberikan sanksi, tercatat kepada pegawai terindikasi yang terlibat sehingga ditemukannya barang-barang terlarang itu pada warga binaan pemasyarakatan, ” katanya.

Ia mengatakan sebenarnya warga binaan telah memahami bahwa barang-barang terlarang tersebut tidak boleh ada.

Namun dengan berbagai cara dilakukan jadi barang-barang tersebut ada di Lapas tersebut.

“Pengamanan sudah dilakukan teliti, namun terdapat beberapa Lapas maupun Rumah Tahanan Negara (Rutan) yang personelnya terbatas. Untuk itu dari Divisi Pemasyarakatan melaksanakan razia bertugas membantu Lapas dan Rutan dalam membersihkan barang-barang terlarang dan penegakan aturan, ” katanya.

Terkait dengan barang-barang terlarang yang ditemukan itu, Bambang mengucapkan, barang bukti tersebut mau dilakukan pemusnahan. [ded]

Back To Top