Kemenkominfo Sumbang PNBP Terbesar 5 Tahun Terakhir

kemenkominfo-sumbang-pnbp-terbesar-5-tahun-terakhir-1
Berita

Kemenkominfo Sumbang PNBP Terbesar 5 Tahun Terakhir

Merdeka.com – Kementerian Keuangan mencatat Kementerian Komunikasi dan Informatika menjadi kementerian yang paling besar menyetorkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sepanjang 2016 hingga 2020. Pada 2016 kementerian ini menyumbang PNBP sebesar Rp14 triliun, lalu pada 2020 sebesar Rp18,3 triliun.

Analis Kebijakan Ahli Madya Pusat Kebijakan Pendapatan Negara (PKPN) Kementerian Keuangan, Slamet Widodo mengatakan, PNBP yang diterima dari Kemenkominfo signifikan lebih besar dibandingkan dengan kementerian lain.

“Untuk PNPB lainnya lebih besar itu dari PNBP Kementerian Lembaga. PNPB Kementerian Lembaga kalau kita lihat kontributornya itu terbesar dari Kemenkominfo,” ujar Slamet, Jakarta, Senin (3/5).

Slamet melanjutkan, potensi penerimaan dari Kemenkominfo masih berpotensi meningkat karena ketergantungan penggunaan teknologi semakin tinggi dalam beberapa waktu terakhir.

“Mungkin ini potensinya ke depan tinggi, karena ke depan sektor informatika cukup besar,” paparnya.

Adapun 6 kementerian yang memiliki penerimaan PNBP tertinggi dalam 5 tahun terakhir adalah Kemenkominfo, Kemenhub, Kepolisian Negara, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian ATR/BPN. [idr]

Back To Top