Kejagung Periksa Lima Saksi Dalami Dugaan Korupsi Asabri

kejagung-periksa-lima-saksi-dalami-dugaan-korupsi-asabri-1
Berita

Kejagung Periksa Lima Saksi Dalami Dugaan Korupsi Asabri

Merdeka. com – Kejaksaan Agung kembali melangsungkan pemeriksaan terhadap sejumlah bukti. Sebanyak lima orang diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada PT. Asabri, pada Rabu (7/4).

“Tim Jaksa Pemeriksa pada Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung membuktikan lima orang saksi dengan terkait dengan Perkara Terkaan Tindak Pidana Korupsi pada PT. ASABRI, ” sebutan Kapuspenkum Kejagung, Leonard Eben Ezer Simanjuntak dalam keteranganya.

Adapun saksi-saksi yang diperiksa kali itu antara lain, MM selaku Karyawan Swasta, BI sebagai Direktur PT. Batu Sado Propertindo, FW selaku Karyawan PT. Yuanta Sekuritas, BS selaku Staf Administrasi PT. Asabri, dan S sebagai Pengelola Apartemen West Vista.

“Pemeriksaan bukti dilakukan untuk memberikan keterangan guna kepentingan penyidikan mengenai suatu perkara pidana dengan ia dengar sendiri, dia lihat sendiri dan ia alami sendiri guna menjumpai fakta hukum tentang tindak pidana korupsi yang berlaku pada PT. Asabri, ” ujar Leonard.

Sementara itu, Pemeriksaan bukti yang dilakukan oleh Kejaksaan Agung ini tetap memerhatikan protokol kesehatan. Mengingat, Indonesia masih dilanda virus Covid-19 yang terus meningkat.

“Pemeriksaan saksi dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan tubuh tentang pencegahan penularan Covid-19, antara lain dengan menanggapi jarak aman antara bukti diperiksa dengan Penyidik yang telah menggunakan Alat Penjaga Diri (APD) lengkap, ” ujarnya.

“Serta bagi saksi wajib menggunakan masker dan selalu membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer sebelum dan sesudah penyeliaan, ” pungkasnya.

Sejauh ini penyidik sudah menetapkan 9 tersangka pada kasus dugaan korupsi PT Asabri. Sembilan tersangka itu adalah Dirut PT Asabri periode 2011-Maret 2016 Mayjen (Purn) Adam Rachmat Damiri, Dirut PT Asabri era Maret 2016-Juli 2020 Letjen (Purn) Sonny Widjaja, Direktur Keuangan PT Asabri kurun Oktober 2008-Juni 2014 Bachtiar Effendi.

Penasihat PT Asabri periode 2013-2014 dan 2015-2019 Hari Setiono, Kepala Divisi Investasi PT Asabri Juli 2012-Januari 2017 Ilham W Siregar, Dirut PT Prima Jaringan Lukman Purnomosidi, Direktur PT Jakarta Emiten Investor Relation Jimmy Sutopo, Dirut PT Hanson International Tbk Benny Tjokrosaputro, dan Komisaris PT Trada Alam Minera Heru Hidayat. Benny maupun Heru selalu merupakan tersangka dalam urusan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya. [fik]

Back To Top