Kalah Versi Hitung Cepat Pilkada OKU, Relawan Kolom Kosong Tunggu Keputusan KPU

Kalah Versi Hitung Cepat Pilkada OKU, Relawan Kolom Kosong Tunggu Keputusan KPU
Berita

Kalah Versi Hitung Cepat Pilkada OKU, Relawan Kolom Kosong Tunggu Keputusan KPU

Merdeka. com – Bagian calon tunggal bupati dan wakil bupati Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, Kuryana Azis-Johan Anuar untuk sementara meraih suara tertinggi. Meski demikian, relawan kolom sunyi (KOKO) tetap optimistis akan memenangkan pilkada di hasil akhir.

Relawan KOKO Syukri Holil mengaku memiliki keyakinan penuh menuju kemenangan. Hal itu dibuktikan dengan tingginya gaung KOKO selama jalan pilkada. “Kami berkeyakinan, keyakinan pasti ada, memenangkan pilkada OKU, ” ungkap Syukri, Rabu (9/12).

Menurut dia, keunggulan perolehan suara paslon petahana tak mampu diklaim sebagai kemenangan mutlak & menjadi penggiringan opini publik. Bukti yang masuk baru beberapa persen saja dan selisih dengan pandangan KOKO tidak begitu kentara.

“Karena suara yang dihitung belum seperempatnya dan belum tersedia hasil resmi yang diekspose sebab yang berwenang, ” ujarnya.

Berdasarkan real count yang dikelola relawan KOKO, suara yang masuk baru 23 persen dengan rincian KOKO meraih 43, enam persen dan Kuryana Azis-Johan Anuar 56, 4 persen. Sejauh itu, pihaknya cukup sulit memverifikasi peta suara masuk karena relawan KOKO tidak berstatus saksi resmi dalam TPS.

“Kami menyandarkan relawan, jadi data yang mendalam acak. Belum tahu daerah-daerah mana saja yang dikuasai KOKO, ” pungkasnya.

Berdasarkan laman resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) https://pilkada2020.kpu.go.id pukul 18. 30 WIB, pilkada Ogan Komering Ulu (OKU) paslon Kuryana Azis-Johan Anuar mencapai 64, 4 persen dan kolom kosong di angka 35, 6 persen. Perolehan suara itu berdasarkan perhitungan di 16 tempat pengumpulan suara (TPS) dari 725 TPS yang tersebar di OKU ataupun baru 2, 21 persen. [gil]

Back To Top