Jemput Sabu 4 Kg daripada Afsel, Empat Kurir Narkoba Dibekuk Tim Polda Jatim

jemput-sabu-4-kg-dari-afsel-empat-kurir-narkoba-dibekuk-tim-polda-jatim-1
Berita

Jemput Sabu 4 Kg daripada Afsel, Empat Kurir Narkoba Dibekuk Tim Polda Jatim

Lepas. com – Kepolisian Daerah Jawa Timur menangkap empat karakter pengedar narkotika jenis sabu jaringan internasional berinisial DS, RZ, ST dan FK di Rest Area Pungutan Jakarta -Tangerang KM 14 Halaman Tengah.

“Penangkapan ini bermula dari aparat yang mendapatkan informasi bahwa akan ada pengiriman sabu dari Afrika Selatan ke Bandara Juanda Surabaya pada Sidoarjo, ” ujar Kasubdit II Ditresnarkoba Polda Jatim Kompol James saat merilis kasus tersebut di Mapolda setempat di Surabaya, Senin.

Tak menunggu waktu lama, polisi langsung berkoordinasi dengan petugas Bea Cukai Bandara Juanda.

Kemudian terlacak bahwa sabu tersebut tidak siap dikirim melalui Bandara Juanda melainkan dikirim via Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang.

“Selanjutnya kami berkoordinasi dengan petugas Bea Cukai Soekarno-Hatta bahwa akan ada paket sabu yang dikirim dari Afrika Selatan, ” ucap dia.

Paket sabu itu dimasukkan ke dalam koper dengan sudah di modifikasi, kemudian petugas Bea Cukai menganjurkan dua koper itu pada petugas dari Ditresnarkoba Polda Jatim.

“Kami lakukan control delivery kepada penerima paket tersebut, melakukan titik temu di Rest Area KM 14 Karang Tengah, Jalan Tol Jakarta-Tangerang, Kota Tangerang, ” kata James.

Sesampainya di lokasi, pelaku RZ mengambil paket, lalu mengungsikan paket tersebut ke mobilnya.

“Petugas keputusannya mengamankan tersangka RZ & ST. Yang kemudian selalu menangkap tersangka lain yakni, DS dan FK, ” ujar perwira menengah Polri tersebut.

Usai dilakukan interogasi terhadap para-para tersangka, sabu tersebut mau diserahkan kepada pemilik bahan bernama Juragan alias Eman yang saat ini masih dalam pencarian atau hadir Daftar Pencarian Orang (DPO).

Selain menangkap tersangka, petugas juga mengambil barang bukti berupa besar bungkus plastik berisi sabu seberat 4. 067 rencana, dua koper warna abang dan satu unit mobil Datsun warna hitam Nopol AB-333-LT.

Atas perbuatannya, para tersangka dijerat Pasal 114 Ayat (2) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, Pasal 112 Ayat (2) UU RI Nomor 35 Tahun 2009. Serta Urusan 132 Ayat (1) UNDANG-UNDANG RI No. 35 tarikh 2009. [bal]

Back To Top