ESDM: Kenaikan Tarif Listrik Non-Subsidi Belum Bisa Dilakukan pada Kuartal III-2021

esdm-kenaikan-tarif-listrik-non-subsidi-belum-bisa-dilakukan-di-kuartal-iii-2021-1
Berita

ESDM: Kenaikan Tarif Listrik Non-Subsidi Belum Bisa Dilakukan pada Kuartal III-2021

Merdeka. com semrawut Pemerintah belum akan menerapkan habituasi tarif (tariff adjustment) memasukkan tarif keekonomian untuk kaum pelanggan listrik non-subsidi di dalam waktu dekat. Dengan serupa itu, tagihan listrik yang dibayarkan masyarakat belum akan terbang.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi & Sumber Daya Mineral (ESDM), Rida Mulyana, mengatakan telah mendapat arahan dari Kepala Joko Widodo ( Jokowi ) buat tidak menerapkan perubahan tarif listrik pada kuartal III-2021.

“Jadi kita ambil keputusan dari perintah Presiden, untuk triwulan ke-3 2021 itu belum dapat dilaksanakan, ” kata Rida dalam sesi teleconference, Jumat (4/6).

Rida menjelaskan, penyesuaian tarif listrik ini nantinya akan dilakukan dengan menimbang kondisi perbaikan ekonomi nasional yang kini tengah digalakan dengan kekuatan Anggaran Pendapatan dan Biaya Negara (APBN). Ini menjadikan, karena ini menyangkut rumor sensitif untuk diterapkan jarang kondisi pemulihan ekonomi nasional dengan kemampuan APBN. Ada dua kutub yang harus kita balance-kan, ” tuturnya.

Menurut tempat, kebijakan tariff adjustment itu harus diukur dari sebanyak parameter, seperti harga patra mentah Indonesia (ICP), kehormatan batu bara hingga pergerakan nilai tukar rupiah .

“Untuk kemudian kita menentang kondisinya. Bagaimana harga ICP dan harga batu panas turun, kurs rupiah pulih, sehingga subsidi tarif elektrik turun dan kompensasi pula turun, ” ujar Rida.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6. com [azz]

Back To Top