Dua TPS di Indramayu Gelar PSU Pilkada, Jumlah Pemilih Berkurang Separuh

Dua TPS di Indramayu Gelar PSU Pilkada, Jumlah Pemilih Berkurang Separuh
Berita

Dua TPS di Indramayu Gelar PSU Pilkada, Jumlah Pemilih Berkurang Separuh

Merdeka. com awut-awutan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, menggelar pemungutan suara ulang (PSU) di dua tempat pemungutan suara (TPS) pada Pilkada 2020 sesuai dengan rekomendasi Bawaslu.

“Alhamdulillah, PSU di perut TPS berjalan lancar, ” introduksi Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPU Indramayu Dewi Nurmalasari di Indramayu, Minggu (13/12).

Buah hati menyebutkan dua TPS yang menyelenggarakan PSU pada Pilkada 2020, yaitu TPS 07 Desa Tugu Kidul, Kecamatan Sliyeg dan TPS 01 Desa Krangkeng, Kecamatan Krangkeng, Kabupaten Indramayu.

Pelaksanaan PSU tersebut, kata dia, atas dasar rekomendasi bawaslu setempat yang menjumpai adanya pelanggaran di dua TPS itu.

Pemungutan pandangan ulang pada hari Ahad (13/12) itu, kata dia, seharusnya diikuti oleh 872 pemilik suara, yaitu di TPS 7 Desa Tugu Kidu, terdapat DPT 410 & DPTb 10, sedangkan TPS 01 Desa Kerangkeng memiliki DPT 432 dan DPPh 20.

“Jika dibandingkan dengan hari-H, Rabu (9/12), ada penurunan jumlah masyarakat yang menyalurkan hak pilihnya. Pelaksanaan PSU di TPS 07 Kampung Tugu Kidul yang berpartisipasi sebesar 241 warga, sedangkan di TPS 01 Desa Kerangkeng terdapat 239 warga, ” kata Dewi menjelaskan.

PSU di dua TPS tersebut setelah Bawaslu Kabupaten Indramayu menemukan adanya pelanggaran. Pengingkaran di TPS 07 berupa pembukaan kotak suara yang tidak pantas dengan prosedur.

Sebelumnya, Ketua Bawaslu Kabupaten Indramayu Nurhadi mengungkapkan di TPS 01 terdapat warga dari luar Indramayu yang juga pasien terkonfirmasi positif Covid-19 ikut mencoblos. [bal]

Back To Top