Cegah Dokter Gugur, Menko PMK Imbau SOP Penanganan Pasien Covid-19 Lebih Dipatuhi

Cegah Dokter Gugur, Menko PMK Imbau SOP Penanganan Pasien Covid-19 Lebih Dipatuhi
Berita

Cegah Dokter Gugur, Menko PMK Imbau SOP Penanganan Pasien Covid-19 Lebih Dipatuhi

Merdeka.com – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy meminta supaya para dokter menaati Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam menangani pasien Covid-19. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah dokter dan tenaga medis gugur akibat Covid-19.

“Izinkan saya dalam kesempatan ini berpesan kepada para dokter untuk betul-betul mematuhi semua standar operasional prosedur (SOP) yang harus dilalui, terutama yang penting adalah selamatkan dulu diri sendiri sebelum menyelamatkan orang lain,” pinta Muhadjir dalam acara Doa Bersama pada Rabu (2/9).

Muhadjir memahami sumpah dokter menghendaki keselamatan pasien merupakan prioritas utama bagi para dokter. Namun, hal itu tak berarti apa-apa jika mesti mengorbankan keselamatan diri sendiri.

“Saya tahu sumpah dokter memang menghendaki, menuntut adanya pemberian pengorbanan sebaik mungkin dalam memberikan pelayanan. Tetapi tentu saja kita harus juga menyadari pengorbanan apapun tidak akan ada artinya kalau itu juga harus mengorbankan keselamatan dari para profesional itu,” ucap dia.

Menurut Muhadjir, pemerintah telah berupaya keras untuk menyediakan berbagai macam kebutuhan dokter dalam perang melawan Covid-19. Seperti halnya menyediakan alat perlindungan diri bagi mereka.

“Perintah telah berupaya keras untuk memenuhi berbagai hal agar bagaimana para dokter ini terlindungi dengan baik, terselamatkan dengan baik, kemudian juga bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Antara lain dengan memenuhi ketersediaan alat pelindung diri, dan kebutuhan-kebutuhan yang lain,” ujar Muhadjir.

Muhadjir menambahkan, dokter yang gugur dalam upaya melawan pandemi Covid-19 akan meninggal dalam keadaan syahid. “Dan seperti yang dijanjikan oleh hadis nabi bahwa mereka yang berjuang atau yang meninggal dalam keadaan dalam suatu wabah, apalagi yang bersangkutan sedang berjuang untuk memerangi wabah itu InsyaAllah adalah termasuk syahid,” ujar Muhadjir.

Dia berdoa agar para dokter yang gugur akibat Covid-19 mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah. “Mudah-mudahan mereka yang telah mendahului kita para dokter yang dahului kita mendapatkan tempat yang mulia di sisi Allah SWT,” harap Muhadjir. [ray]

Back To Top