6 Manfaat Bunga Kamboja buat Kecantikan, Bersihkan Kulit sampai Mengencangkan

6 Manfaat Bunga Kamboja buat Kecantikan, Bersihkan Kulit sampai Mengencangkan
Berita

6 Manfaat Bunga Kamboja buat Kecantikan, Bersihkan Kulit sampai Mengencangkan

Merdeka.com – Plumeria rubra atau dikenal dengan nama kamboja di Indonesia merupakan jenis bunga yang terkenal berkat aroma harumnya. Bunga ini juga dikenal dengan nama frangipani dan plumeria. Bunganya berwarna kuning, putih, atau merah muda.

Dilansir Byrdie, bunga kamboja sudah digunakan dalam pembuatan parfum sejak abad 16. Belakangan, bunga ini juga digunakan untuk bahan perawatan kecantikan alami.

Khasiat apa yang dimiliki bunga kamboja untuk kecantikan? Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Menenangkan Kulit

Dilansir Health Benefits, minyak esensial dari ekstrak bunga kamboja berkhasiat menenangkan kulit. Kerap disarankan untuk perawatan alami bagi orang-orang yang memiliki penyakit kulit.

2. Melembapkan Kulit

Minyak bunga kamboja kerap digunakan untuk pemijatan karena khasiatnya yang melembapkan. Minyak ini juga bermanfaat untuk mengatasi kulit kering atau pecah-pecah, karena berkhasiat mengikat molekul air.

3. Membersihkan Kulit

Dilansir Era Organics, minyak bunga kamboja memiliki sifat deep cleansing, bisa meningkatkan khasiat membersihkan yang dimiliki sampo dan sabun.

4. Menjadikan Kulit Kenyal

Bunga kamboja mengandung lignin, senyawa polimer organik yang bertugas mengikat sel dan merestrukturisasinya. Itu berarti bunga ini berkhasiat menjadikan kulit kenyal.

5. Menjadikan Kulit Awet Muda

Bunga kamboja mengandung glycosides, sejenis gula yang bertugas mendukung kinerja kolagen, Bisa disimpulkan, bunga kamboja memiliki khasiat menjadikan kulit awet muda lebih lama.

6. Membantu Penyerapan Skincare

Glycosides yang terkandung di bunga kamboja kerap digunakan dalam campuran produk perawatan kecantikan karena bisa membantu penyerapan kandungan skincare.

Demikian aneka khasiat bunga kamboja untuk perawatan kecantikan alami. [tsr]

Back To Top